Simak 5 Kebiasaan Keuangan Yang Dapat Meningkatkan Keuangan Pribadi

Simak 5 Kebiasaan Keuangan Yang Dapat Meningkatkan Keuangan Pribadi

Dengan masuknya tahun Baru, resolusi keuangan di Tahun Baru adalah salah satu kegiatan bagi banyak orang. Berbagai riset menyimpulkan bahwa resolusi keuangan tahunan jarang didokumentasikan. Sehingga resolusi ini seperti janji palsu, mudah dibuat, mudah dilupakan.

Goal resolusi keuangan di set terlalu tinggi. Sementara keluar dari hutang, menghabiskan lebih sedikit dan menyimpan lebih banyak dari gaji, jarang sekali dilakukan. Alih-alih membuat resolusi keuangan yang pada prakteknya jarang dilakukan, kamu perlu mengubah kebiasaan keuangan sehari-hari yang dapat merubah hidup kamu.

Berikut adalah lima kebiasaan keuangan yang dapat meningkatkan keuangan kamu.

1 . Melacak Satu Pengeluaran
Banyak orang benci membuat Anggaran Belanja. Pelacakan setiap pengeluaran belanja dapat membosankan. Mengembangkan kebiasaan pelacakan untuk satu kategori pengeluaran dapat meningkatkan keuangan pribadi kamu. Pilih satu kategori pengeluaran yang kamu yakin membuat masalah di anggaran belanja kamu. Misalnya anggaran untuk makan di luar. Lihat anggaran utk makan diluar dan bandingkan dengan kebutuhan kamu untuk makan diluar. Mulailah mengontrol pengeluaran makan diluar sesuai kebutuhan kamu. Setelah selesai dengan satu kategori lacak kategori pengeluaran yang lain.

2 . Audit Tagihan Bulanan
Biasakan untuk memeriksa tagihan bulanan. Kamu mungkin dapat menyingkirkan layanan yang kamu tidak benar-benar membutuhkannya. Misalnya, Saluran tv kabel kamu , apakah semua saluran tersebut kamu tonton, periksa paket tv kabel kamu dan mulailah menyingkirkan saluran tv kabel yang jarang kamu tonton.

3 . Autodebet Tabungan
Salah satu kebiasaan yang paling sulit adalah disiplin menabung dan menginvestasikan uang. Untungnya, kamu dapat dengan mudah meng-otomatisasi proses ini. Kamu dapat mengotomatisasi penambahan dana darurat dengan memanfaatkan auto debet bulanan. Terkait disiplin investasi, saat ini banyak bank yang menawarkan investasi seperti reksadana dengan sistem auto debet bulanan dari rekening bank.

Baca Juga:  Tips Menyiapkan Dana Darurat

4 . Menyisihkan waktu setiap hari untuk belajar tentang keuangan.
Itu bisa berarti pengeluaran 15 menit setiap hari membaca buku tentang keuangan atau karir atau bisnis sampingan. Ini bisa berarti mengikuti blog yang relevan untuk keuangan atau karir yang kamu pilih. Kamu perlu belajar bagaimana uang bekerja, dan memiliki pemahaman yang baik tentang dasar-dasar investasi.

5 . Evaluasi Kemajuan Anda
Berkomitmen untuk memperbarui neraca keuangan kamu setiap bulan. Hal ini hanya menyita beberapa menit waktu kamu, dan kebiasaan ini akan menyebabkan kamu fokus kembali di anggaran keuangan kamu setiap bulannya. Untuk membuatnya lebih mudah ,ada banyak alat online dan gratis yang dapat kamu gunakan untuk melihat neraca keuangan secara bulanan atau membuat anggaran keuangan secara bulanan.

Dalam kata-kata Aristoteles , ” Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali.” Hal yang sama juga berlaku untuk kebiasan keuangan kamu.