Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Fitness / Cara Mudah Dan Gampang Mengecilkan Perut

Cara Mudah Dan Gampang Mengecilkan Perut

/
/
/
10 Views

Cara Mudah Dan Gampang Mengecilkan Perut – Tubuh yang sehat merupaka prasyarat utama kita untuk bisa melakukan kegiatan sehari – hari dengan lancar tanpa terganggu dengan gangguan kesehatan dan penampilan yang kurang enak dipandang.

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa masalah yang paling banyak dihadapi, baik untuk mereka yang memiliki tubuh gemuk atau pun kurus adalah kurangnya kepercayaan diri dikarenakan adanya timbunan lemak di perut yang menyebabkan perut tampai berlipat – lipat dan menunjol di balik pakaian yang kita gunakan.

Hal ini sangat mengganggu bagi mereka yang berkarir di bidang yang menunjukkan penampilan sebagai modal utama memberikan layanan, misalnya customer officer, pramugari, marketing, dan sales manager.

Nah Penampilan merupakan bagian yang penting bagi semua orang.Sehingga memiliki masalah si perut gendut tadi bisa menjadi faktor utama kurangnya kepercayaan diri dan membuat kita mencari cara mengecilkan badan paling efektif.

Banyak memang cara – cara yang instan dilakukan untuk menghilangkan lemak perut misalnya dengan meminum obat – obatan diet atau melakukan sedot lemak.

Tapi sebagaimana perawatan instan lainnya, treatment ini tidak bertahan lama dan bisa jadi malah membuat tubuh anda tampat tidak sehat dan kekurangan nutrisi.

“Yuk Temukan Cara Kenapa Perut Membuncit dan Langkah – langkah Sehat Cara Mengecilkan Perut buncit.”

Perut buncit biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain yang pertama adalah faktor genetika. Bentuk tubuh manusia ada dua bentuk yaitu jenis pir dan apel. Mereka dengan jenis pir biasanya memiliki simpanan lemak pada bagian bawah tubuh seperti bokong dan paha, sementara mereka dengan jenis apel memiliki simpanan lemak yang berlebih biasanya pada bagian perut.

Meski banyak orang yang menganggap efek stres justru seharusnya membuat kita kurus, tapi sebetulnya sebaliknya. Saat kita stres tubuh melepaskan hormon kortisol yang merangsang kita untuk cepat merasa lapar dan ingin makan, atau kita biasa lakukan adalah ngemil. Saat kita ngemil, gula karbohidrat dan kalori yang masuk akan bertumpuk menjadi lemak dibagian perut.

Kurang olahraga. Banyak orang yang berdalih bahwa mereka tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau arena olahraga lainnya karena kesibukan kegiatan sehari – hari. Ibu – ibu sibuk dengan mengurus rumah tangga dan para bapak berdalih dengan kesibukan kantor.

Kurangnya olahraga membuat sirkulasi darah tidak lancar dan nutrisi susah terserap kedalam tubuh sehingganya menumpuk menjadi lemak. Gula yang masuk ke tubuh tidak diproses menjadi energi dan digunakan beraktifitas sehingga menjadi lipatan baru di perut anda.

Pola makan tidak sehat. Memang mempunyai makanan favorit itu tidak salah, tapi saat makanan favorit anda adalah makanan – makanan junk food dan anda sering memakannya, ini bisa memicu penumpukan lemak berlebih di perut anda juga. Selain itu hobi ngemil saat bosan semakin menambah daftar alasan kenapa kancing celana semakin susah dikancingkan. Apalagi yang sering begadang malam dan makan porsi besar denagn gula dan karbo tinggi, wah semakin bertambah timbunan lemaknya.

Baca Juga:  8 Makanan Yang Dapat Mempercepat Pemulihan Otot

Dari beberapa jenis penyebab perut buncit di atas, ada beberpaa cara jitu yang bisa mengecilkan perut anda. Bukan hanya mengecilkan perut, tetapi juga menyehatkan badan.

Memang prosesnya membutuhkan komitmen dan waktu serta usaha, namuan hasilnya akan tampak bukan hanya di perut tapi seluruh bagian tubuh anda menjadi lebih segar dan ringan untuk beaktifitas.

Mari kita akan bahas bagaimana mengecilkan perut buncit yang sehat dan efektif.

Coba Untuk Mengubah Pola Makan.
Siapa yang masih berpikir bahwa makan banyak di satu waktu bisa menahan keinginan ngemil dan mengurangi berat badan? Atau ada yang berpikir bahwa makan sesedikit mungkin adalah pola makan yang benar?

Nah ini yang harus di rubah, jika biasanya kita memilih hanya untuk makan pagi dan makan siang saja, ini tidak benar. Karena makan sekali banyak hanya akan menyebabkan semakin banyak asupan makanan yang tidak terserap oleh tubuh dan menjadi lemak. Merubah pola makan adalah salah satu cara untuk mengecilkan badan.

Makanan Sehat adalah Kuncinya.
Seperti tadi sudah disampaikan di atas bahwa alasan perut buncit adalah makanan kurang sehat yang dikonsumsi, nah karena itu ubahlah asupan makanan yang dimakan. Tingkatkan protein yang anda makan dan kurangi lemak dan karbohidrat.

Pilihannya bisa dengan mengkonsumsi roti atau sereal ditambah dengan meminum jus jeruk atau susu di pagi hari untuk menyiapkan tubuh memulai kegiatan.

Makan siang denga porsi normal nasi, sayuran, lauk berprotein, dan buah. Dan untuk makan malam usahakan kurangi nasi.

Gantilah dengan mengonsumsi salad sayuran atau buah, atau jus buah dan sayur yang menyehatkan. Buah dan sayuran dengan serat tinggi akan membantu proses pencernaan di esok paginya juga.

Mengonsumsi buah bukan hanya jitu untuk cara mengecilkan perut yang buncit tetapi juga untuk membantu anda tidur dengan lebih nyenyak.

Yuk memasak sendiri! Bukan Hanya Menghemat Anggaran Kita saja..
Nah tadi kan kita sudah membahas cara mengecilkan perut yang berkaitan dengan makanan sehat dan pola makan yang dianjurkan, tapi kalau masih tetap suka jajan di luar bisa – bisa pola makan yang sudah di atur sedemikian rupa tadi jadi gagal deh.

Cara yang paling tepat untuk melaksanakan kedua poin penting di atas mengenai pola makan sehat dan makanna yang baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut adalah dengan mengontrol sendiri apa yang anda masukkan ke dalam tubuh.

Misalnya dengan memasak sendiri makanan yang anda makan. Memang terkesan ribet dan menyita banyak waktu, terutama di pagi hari bagi anda yang kerja kantoran.

Kalau sudah begitu komitmen menjadi tameng utama; bangun dengan lebih pagi, atau siapkan bahan – bahan dari malam hari sehingga pada pagi hari anda hanya harus memasaknya saja. Jika belum terbiasa memasak, mungkin akan lebih mudah untuk mengikuti resep masakan sehat.

Anda bisa mengambil referensi dari buku – buku masakan vegan atau searching di internet. Dan ingat juga poin utama untuk mengurangi kalori, karbohidrat dan lemak, serta meningkatkan asupan protein dan serat!

Baca Juga:  Serba-Serbi Berat Badan Ideal

Cara Simple Namun Effektif, Dengan Mengganti Bahan Makanan Anda.
Tadi kita sudah membahas pola hidup sehat, makanan yang harus dimakan dan dihindari, serta kegiatan memasak sendiri untuk memastikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Nah sekarang ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan penggantian bahan makanan yang biasa anda konsumsi dengan bahan makanan pengganti yang memiliki nilai serat dan protein tinggi namun rendah karbohidrat dan lemak. Seperti apa?

Contohnya bisa di lihat apabila anda menyukai sarapan dengan sereal coklat dan susu atau roti lapis, maka gantilah bahan makanan yang digunakan misalnya sereal coklat diganti dengan oatmeal, susu sapi digantikan dengan susu kedelai sementara roti nya anda usahakan menggunakan roti gandum.

Jenis makanan ini memiliki sehat yang tinggi namun masih memenuhi kebutuhan kalori untuk memulai hari anda. Selanjutnya untuk makan siang, beberapa orang hobi menyantap menu besar dengan daging steak atau pasta.

Ayam dan kentang tumbuk atau nasi. Nah nasi putih ini bisa digantikan dengan nasi merah, sementara ayamnya bisa menggunakan ayam yang sama sekali tidak berlemak, dan dimasak dengan minyak olive oil bukannya digoreng dalam rendaman minyak kelapa.

Lalu kebiasaan makan daging bisa dikurangi sedikit demi sedikit dengan mengonsumsi jamur yang nutrisinya lebih besar, banyak manfaatnya dan mudah diolah serta bebas kolesterol jahat.

Dengan konsumsi makanan berikut perut buncit akan sedikit demi sedikit akan berkurang dan menjadi rata. Cara mengecilkan perut yang selanjtnya adalah dengan olahraga.

Olahraga Ringan Namun Teratur.
Olahraga cara mengecilkan perut ternyata adalah kegiatan yang bisa anda lakukan di rumah. Misalnya dengan melakukan squat. Anda tidak butuh tempat yang sangat luas, tidak pula membutuhkan alat olahraga apapun untuk melakukan squat.

Mulai dengan 20-30 kali squat sekali latihan, dan tingkatkan terus setiap hari. Bisa juga anda laukan plank, yaitu berbaring bertumpu pada kedua lengan bawah dengan ujung kaki membantu menahan. Gunakan stopwatch untuk membantu anda berlatih.

Jika belum terbiasa anda bisa lakukan 30 detik hingga 60 detik terlebih dahulu dan terus ditingkatkan. Setelah berhasil melakukan plank selama 30 detik, anda bisa beristirahat 10 detik lalu lakukan plank lagi dan ulangi hingga 3 hingga 4 kali.

Ini membantu menguatkan otot perut dan salah satu cara mengecilkan perut yang efektif. Selain mendapatkan perut yang rata juga mengencangkan otot perut agar tidak menggelambir lagi.

Jika anda lebih menyukai kegiatan di luar rumah maka pertimbangkan untuk berenang atau jogging. Jenis kegiatan seperti jogging dan berenang ini menyaratkan gerak seluruh tubuh, terutama berenang.

Kegiatan ini bisa anda lakukan pada waktu senggang setelah beraktifitas di sore hari, atau di pagi hari jika anda punya wkatu luang. Anda bisa menyempatkan untuk jogging sekitar 30 menit atau berenang selama satu jam sebelum anda memilai aktifitas.

Baca Juga:  Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Peradangan Otot Dan Membakar Lemak

Dengan berolahraga di pagi hari, tubuh anda akan menjadi lebih fresh dan tidak mudah mengantuk. Aliran darah juga lebih lancar. Dengan jogging dan renang anda juga bisa mengecilkan perut.

Hindari Stres.
Stres muncul saat kita terlalu memikiran sesuatu yang biasanya di luar kemampuan kita sehingga membuat kita merasa menyesal, marah, atau bahkan menyalahkan diri sendiri.

Keadaan stres biasanya dipicu karena masalah pekerjaan, suasana yang tidak mendukung untuk bersantai, dan waktu istirahat kurang.

Cara mengecilkan perut yang berkaitan dengan stres atalah dengan mencoba mengurangi stres. Ambil libur dari aktifitas anda dan nikmati waktu luang untuk benar – benar bersantai.

Jika budget terbatas tak perlu liburan mewah, cukup bersantai di rumah atau mengunjungi teman atau sanak keluarga. Berjalan – jalan santai atau melakukan hobi anda. Bebaskan pikiran dari semua beban selama masa tersebut.

Hindari Minuman Keras dan Obat Penenang
Berkaitan dengan stres tadi banyak orang yang beralih menggunakan obat penenang dan minuman beralkohol untuk mengalihkan stres yang dialaminya.

Memang banyak yang merasakan manfaat sesaat dari obat penenang dan minuman beralkohol, namun minuman beralkohol bisa menyebabkan perut membuncit dan tubuh menjadi tidak sehat.
Sementara penggunaan obat penenang menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada hati dan ginjal. Semakin buruk juga untuk kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya untuk penampilan anda.

Sehingga banyak ahli menyarankan anda mengalihkan stres pada hal lain yang lebih konstruktif, beberapa orang menyarankan olahraga kardio untuk menyalurkan energi dan emosi saat stres dan melancarkan aliran darah ke otak. Sementara beberapa menyalankan untuk menemui konselor daripada mengonsumsi obat – obatan penenang.

Dan hal yang diganggap paling manjur menghilangkan stres dan menjauhkan anda dari efek buruk minum – minuman beralkohol yang terlalu banyak dan obat penenang.

Konsumsi Vitamin C alami
Bagi mereka yang mengalami masalah stres dan depresi, bisa juga menggantikan konsumsi obat – obatan dengan mengonsumsi vitamin C.

Yang paling baik tentunya adalah vitamin C alami yang berasal dari buah – buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi, seperti misalnya jeruk, lemon, cabai, mangga, kiwi, dan masih banyak lagi. Berbagai buah buahan ini segar untuk dikonsumsi dan dengan tingkan vitamin C yang tinggi akan memicu pengembalian hormon kortisol ke level normal.

Hormon kortisol seperti yang telah disebutkan di atas adalah hormon yang memicu menyimpanna lemak pada lipatan perut.

Jangan lupa juga untuk memasak sendiri makanan anda, memilik bahan makanan yang bisa menggantikan bahan makanan yang berkarbohidrat tinggi dengan makanan berprotein tinggi dan serat, konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya, hindari minuman beralkohol dan obat penenang dan sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat atau tidur.

Jika Artikel Ini Bermanfaat, Yuk Bagikan dan Sebarkan Link Website ini, Agar teman-teman anda yang ingin mengecilkan perut dapat terbantu juga. Bagikan di facebook ataupun twitter.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner