Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Fitness / Gerakan Bikram Yoga Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Gerakan Bikram Yoga Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

/
/
/
15 Views

Bikram berarti tehnik, sedangkan Yoga adalah sebuah olahraga sejenis senam yang menitikberatkan pada penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa, serta membantu manusia untuk terhubung dengan lingkungannya. Berbicara tentang Bikram Yoga, terlintas dibenak kita tentang negara India, yah karena India merupakan negara yang telah mengembangkan bikram yoga sejak ribuan tahun lalu. Bikram yoga sendiri telah teruji mampu memberikan manfaat kesehatan kepada para pelakunya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University, bikram yoga sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosi, bahkan dalam penelitian lain melakukan bikram yoga secara teratur dapat memulihkan kondisi tulang yang tidak normal.

Meskipun pelatihan tentang bikram yoga itu bisa kita lakukan sendiri di rumah, namun ada baiknya kita mempelajari terlebih dulu melalui seorang personal trainer/pelatih yang sudah ahli mengenai bikram yoga. Kita membutuhkan pelatih untuk mengawasi apakah kita sudah melakukan gerakan yang tepat dan benar, karena jika tidak dilakukan dengan benar maka akan menyebabkan cedera pada tubuh kita. Jika anda termasuk pemula, ada baiknya anda mencari kelas yoga yang memiliki peserta sedikit, sehingga anda bisa lebih banyak mendapatkan perhatian secara penuh dari seorang pelatih dalam melakukan gerakan bikram yoga.

Pada praktiknya, gerakan bikram yoga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki tingkat fleksibelitas yang tinggi saja, karena karakter khas dari bikram yoga itu sendiri adalah pengenalan diri, maka bagi anda yang pemula tak perlu memaksakan diri untuk mencapai gerakan tertentu jika tubuh anda tak cukup lentur. Berikut adalah beberapa bikram yoga yang bisa anda jadikan pengetahuan dasar :

  • Locust Pose/salabhasana, tehnik yang terfokus pada otot-otot bagian bawah tubuh, seperti paha dan kaki.
  • Twisted chair/utkatasana, tehnik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan udara dalam tubuh.
  • Bow pose/dhanurasana, tehnik yang terfokus untuk penyembuhan otot bagian belakang.
  • Eagle pose/garudasana, tehnik penguatan pada lengan dan melancarkan sistem pencernaan.
Baca Juga:  Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Peradangan Otot Dan Membakar Lemak

 

Bila beberapa puluh tahun lalu tidak banyak orang yang mengenal tentang bikram yoga, maka saat ini olahraga tersebut sangat familiar dan digemari oleh banyak orang. Bahkan bisa dikatan sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan, karena sama halnya kita memberikan hak tubuh untuk mendapatkan manfaat yang positif.

Telah diketahui banyak orang, gerakan dan manfaat bikram yoga mampu menanggulangi dampak stress yang berlebih dan merupakan bagian dari pengobatan alternatif bagi beberapa penyakit. Selain dua hal diatas, gerakan yoga yang dilakukan secara teratur dan terus menerus bisa membuat tubuh menjadi bugar dan langsing, karena dalam pelaksanaannya terdapat gerakan-gerakan yang melatih secara khusus bagian-bagian tubuh.

Gerakan dan manfaat bikram yoga dibawah ini bisa anda jadikan gerakan yang memperlancar proses metabolisme tubuh :

1. Locust Pose (Salabhasana), gerakan ini bermanfaat melatih kekuatan otot-otot bagian bawah tubuh seperti paha dan kaki, gerakan dengan cara tidur posisi terbalik lalu menarik kaki keatas diikuti oleh kepala, maka akan terasa mengencang dan kembali segar.

2. Twist Chair (Utkatsana), gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan udara dalam tubuh. Gerakan tubuh membungkuk layaknya orang duduk, serta tundukkan kepala anda dengan menyatukan kedua telapak tangan di depan dada. Melalui gerakan ini jantung dan usus anda akan kembali segar dan fit.

3. Bow Pose (Dhannurasana), bermanfaat untuk pemulihan otot bagian belakang. Gerakan dilakukan dengan tubuh tidur tertelungkup lalu tarik kaki, tangan dan kepala mengarah keatas.

4. Eagle Pose (Garudasana), bermanfaat untuk menguatkan otot lengan dan memperlancar sistem pencernaan. Terinspirasi dari gerakan hewan yang kuat, yang menggerakkan kedua sayapnya layaknya tangan hingga menarik otot-otot perut dalam tubuh.

Baca Juga:  Aturan Dasar Perilaku Sopan Santun Di Gym

5. Crescent lunge Pose, bermanfaat mempercepat ritme detak jantung, memperlancar metabolisme dan memperkuat otot kaki. Gerakan ini dilakukan dengan cara membuka kedua kaki, lalu salah satu kaki dikedepankan dan ditekuk, diikuti dengan mengangkat kedua tangan keatas.

Jika anda telah mengerti dan paham mengenai gerakan dan manfaat bikram tubuh, maka tak ada salahnya anda mulai mencari dan bergabung pada sebuah sanggar Yoga yang berada dilingkungan anda. Berlatih dan yakinlah bahwa yoga mampu membuat hidup anda berjalan dengan penuh rasa optimis dan sehat sehingga hari-hari anda penuh dengan kebahagiaan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner