Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kesehatan / Menjaga Kondisi Tubuh Lewat Makanan Penderita Diabetes Yang Sehat dan Aman

Menjaga Kondisi Tubuh Lewat Makanan Penderita Diabetes Yang Sehat dan Aman

/
/
/
20 Views

Makanan penderita diabetes memang tidak bisa disamakan dengan sajian pada umumnya. Beberapa pantangan perlu dipatuhi untuk menjaga kestabilan kesehatan anda. Bagi anda yang terdiagnosa diabetes tipe-2, kadar glukosa darah anda sudah tidak memiliki insulin yang cukup untuk menjaganya tetap di level normal. Jadi, jika anda tidak menjaga asupan makanan anda, anda bisa terserang hiperglikemia sewaktu-waktu akibat melonjaknya kadar gula dalam tubuh anda. Biasanya kondisi ini ditampakkan lewat rasa lelah, lapar, sampai seringnya buang air kecil.

Kali ini, anda yang kelebihan berat badan menghadapi resiko yang lebih besar. Kondisi bisa memburuk jika pantangan sering dilanggar. Akibatnya, ginjal dan saraf anda bisa rusak, tekanan darah anda menjadi tinggi, dan anda beresiko terkena serangan jantung. Seringkali luka yang awalnya kecil, memburuk akibat infeksi sampai berujung pada amputasi terutama di bagian kaki. Satu-satunya cara terbaik untuk menjaga kestabilan gula darah anda adalah dengan mengontrol makanan yang anda konsumsi.

Pentingnya Menjaga Menu Makanan Penderita Diabetes Yang Aman

Asupan energi bagi tubuh anda sebaiknya dialihkan dari karbohidrat sederhana ke kompleks seperti beras merah, pasta gandum utuh, atau kacang, karena bisa menekan lonjakan aliran darah yang berbahaya. Jauhi makanan manis seperti permen ataupun kue. Perbanyak serat dalam menu makan anda. Konsumsilah serat larut yang bermanfaat melancarkan pencernaan anda, setidaknya 50 gram per hari, serta serat tidak larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol anda melalui buah dan sayuran.

Cukupnya asupan serat akan membantu anda mengontrol kadar glukosa dalam darah, menjaga nafsu makan tetap stabil, serta mengelola kalori anda dengan baik. Protein juga tidak kalah penting sebagai bagian dari makanan penderita diabetes. Berat badan bisa lebih terkontrol dengan cukupnya protein yang dikonsumsi, karena kemampuannya menurunkan berat berlebih berkat kewaspadaan yang tinggi terhadap konsumsi karbohidrat dan gula.

Baca Juga:  Gak Enak Makan Karena Gusi Bengkak? Ini Dia Cara Mudah Mengobatinya

Menjaga Makanan Penderita Diabetes Melalui Pemilihan Menu Yang Tepat

Penggunaan bumbu masak juga perlu diwaspadai. Gula darah akan lebih terkontrol jika anda menggunakan bahan rempah alami sebagai penyedap masakan anda. Selain itu, rempah-rempah juga terbukti meningkatkan kinerja insulin serta mencegah sekaligus mengobati diabetes tipe-2. Manfaatkan saja kayu manis, kemangi, sampai bawang putih yang mampu memberikan perlindungan bagi pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi yang memicu penyakit kardiovaskular.

Anda juga disarankan memilih cemilan yang lebih bersahabat, seperti cookie atau cake yang tidak berasa manis dengan jumlah kalori yang minim, buah-buahan, atau cemilan lain yang bebas gula tapi kaya serat dan berglikemik rendah. Selingi kegiatan makan makanan penderita diabetes ini dengan meminum air mineral setiap dua suapan supaya bisa cepat merasa kenyang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner