Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Fitness / Manfaat Yoga Untuk Memperbaiki Tulang Punggung

Manfaat Yoga Untuk Memperbaiki Tulang Punggung

/
/
/
34 Views

Yoga merupakan salah satu terapi alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan gangguan kesehatan yang makin bervariasi pada saat sekarang ini. Senam yoga sendiri berasal dari india dan merupakan warisan leluhur yang memiliki banyak peminat dan pengikut. Secara umum, yoga memiliki beberapa aliran gerakan mulai dari yang pemula, lanjutan dan tingkat mahir bergantung dari kemampuan masing-masing individu.

Begitu banyaknya manfaat dan kegunaan yoga bagi kesehatan, maka tidak mengherankan apabila senam yoga menjadi terapi alternatif favorit dikalangan manula ataupun pemuda. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, ternyata yoga juga dapat digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam gangguan penyakit pada tulang punggung. Apa saja peran yoga untuk memperbaiki tulang punggung yang mengalami kelainan?

Manfaat Yoga Untuk Tulang Punggung
Berikut ini beberapa peran yoga untuk memperbaiki tulang punggung yang mengalami kelainan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Flexibilitas. Senam yoga dapat digunakan untuk memperbaiki kelenturan atau flexibilitas otot dan rangka tulang belakang atau tulang punggung. Membuat otot dan tulang menjadi lebih lentur merupakan efek yang paling terasa.
  2. Nyeri dan Pegal Hilang. Rasa nyeri atau pegal pada tulang belakang seusai melakukan aktifitas yang berat seperti mengangkat beban berat atau naik turun tangga akan berangsur-angsur berkurang kemudian menghilang.
  3. Perbaikan Postur Tubuh. makin fleksibelnya otot dan tulang belakang, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi bentuk dan postur tubuh. jika sebelumnya agak membungkuk atau cenderung bengkok, maka postur tubuh akan kembali tegak seperti semula.
  4. Rematik atau Artritis. Rematik merupakan salah satu gangguan penyakit pada susunan tulang atau sendi yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri dan kaku pada tulang atau persendian. Rematik akan berkurang atau bahkan hilang akibat makin seringnya latihan pada otot, tulang dan sambungan antar tulang atau sendi.
  5. Osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu gangguan pada tulang dimana tulang mengalami penurunan masa dan kepadatan tulang, sehingga tulang rawan mengalami cedera. Latihan yoga dengan posisi tertentu dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga mencegah kerapuhan tulang punggung.
Baca Juga:  Bikram Yoga Yang Cocok untuk Penderita Asma

Demikianlah beberapa peran yoga untuk memperbaiki tulang punggung yang mengalami kelainan. Lakukan yoga secara teratur agar mendapatkan manfaat yoga yang lain.

Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner