Mengenal Gerakan Yoga Paling Sederhana Dan Mudah Dilakukan

Mengenal Gerakan Yoga Paling Sederhana Dan Mudah Dilakukan

Yoga dapat didefinisikan sebagai aktivitas di mana seseorang memusatkan pikiran untuk mengendalikan panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan, dengan tujuan untuk mencapai penyatuan dengan Sang Pencipta. Dalam mengenal gerakan yoga, setiap asana atau postur yoga biasanya disesuaikan dengan anatomi alamiah tubuh, dan jika dilakukan dengan benar, dengan fokus dan penuh konsentrasi, gerakan-gerakan yoga tak hanya membantu meningkatkan kualitas spiritual, namun juga memiliki dampak positif sebagai pengobatan alternatif untuk memperbaiki berbagai masalah pada kesehatan fisik. Seorang praktisi yoga tidak hanya mengenal gerakan yoga dan melakukannya dengan benar, tetapi juga harus mengetahui apa tujuan dari masing-masing gerakan.

Kata yoga berarti “persatuan” dalam bahasa Sansekerta, bahasa India kuno di mana yoga berasal. Kita dapat berpikir tentang persatuan yang terjadi antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Apa saja teknik dasar pernapasan yoga? Latihan pernapasan yoga yang disebut pranayama dalam bahasa sansekerta, dapat dilakukan sesuai dengan pose yoga atau hanya sambil duduk dengan tenang.

Bernapas adalah salah satu fungsi yang penting bagi manusia. Secara tidak disadari kita melakukan aktivitas yang disebut bernapas. Tanpa sadar kita menghirup udara dan melepaskannya. Sebetulnya kita dapat mengontrol aktivitas tersebut, yaitu dengan melakukan latihan pranayama. Salah satu dari lima prinsip yoga adalah pranayama atau latihan pernapasan yang mempromosikan pernapasan yang tepat. Dalam titik pandang yoga, pernapasan yang tepat adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam darah dan otak, dan untuk mengontrol Prana atau energi kehidupan vital.

Pernapasan yoga pada dasarnya adalah seperti mengirim faks ke sistem saraf Anda dengan pesan untuk bersantai. Berikut adalah teknik dasar pernapasan yoga:

  1. Duduklah dengan nyaman di kursi.
  2. Tutup mata Anda dan bayangkan seekor angsa yang meluncur dengan damai di danau Seperti angsa, biarkan napas Anda mengalir dalam kedamaian. Idealnya, hirup dan hembuskan napas melalui hidung.
  3. Jika hidung Anda tersumbat, cobalah kombinasikan antara hidung dan mulut, atau hanya menggunakan mulut.
  4. Perpanjang napas Anda secara maksimal senyaman mungkin (hiruplah senyaman Anda mampu, dan hembuskan semaksimal mungkin) dan ulangi kegiatan ini sebanyak 20 kali, kemudian secara bertahap biarkan napas Anda kembali normal.
  5. Duduklah beberapa saat dengan mata tertutup dan Anda dapat melihat perbedaan bagaimana perasaan Anda secara keseluruhan.
  6. Dapatkan Anda bayangkan betapa santai dan tenangnya yang akan Anda rasakan setelah 10-15 menit melakukan pernapasan yoga?
  7. Pranayama merevitalisasi tubuh seseorang. Selain itu, dengan berlatih pranayama dapat memantapkan emosi dan menciptakan kejelasan pikiran dan diharapkan dapat mencapai keseimbangan dalam hidup Anda. Semoga dengan membaca teknik dasar pernapasan yoga yang dituliskan di atas, dapat memberikan manfaat.
Baca Juga:  6 Trik Agar Kita Tidak Malas Berolahraga

Terdapat beberapa gerakan dasar yoga yang bisa dipelajari dan dicoba oleh seorang pemula. Beberapa gerakan dasar tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mountain Pose

Gerakan ini berfungsi untuk melakukan peregangan pada bagian-bagian tubuh. Mountain pose dilakukan dengan posisi berdiri, kedua kaki sejajar satu sama lain. Posisi badan lurus, secara perlahan kedua tangan dinaikkan ke atas, lurus di atas kepala dengan posisi kedua telapak tangan menyatu. Tahan posisi ini dalam beberapa kali napas, rasakan peregangan pada bagian-bagian tubuh, baru kemudian kembali ke posisi awal.

2. Warrior I

Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot paha, betis, pergelangan kaki, serta untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan dilakukan dengan posisi kaki dibuka lebar, salah satu kaki ditekuk 90 derajat, sedangkan kaki yang lain lurus ke belakang. Posisi badan menyamping dengan kedua tangan dinaikkan lurus di atas kepala.

3. Warrior II

Gerakan ini berfungsi untuk peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, serta menguatkan otot kaki, perut dan bahu. Gerakan dilakukan dengan posisi kaki terbuka, jari-jari kaki kanan menunjuk ke arah depan, sedangkan kaki kiri diputar 30 derajat. Angkat lengan setinggi bahu sejajar dengan lantai, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut kanan sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat. Kerutkan tulang ekor dengan lembut seperti menarik perut, tahan napas selama 5 hembusan, keluarkan melalui hidung. Luruskan kaki kanan dan ulangi pada sisi yang berlawanan.

Dengan mengenal gerakan yoga dan fungsi masing-masing gerakan, setiap praktisi diharapkan dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari setiap gerakan untuk kesehatan dan peningkatan kualitas spiritual.