Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kesehatan / Mengenal Sakit Perut Berdasarkan Lokasinya

Mengenal Sakit Perut Berdasarkan Lokasinya

/
/
/
42 Views

Jangan remehkan sakit pada perut yang sedang dialami, apalagi jika disertai dengan rasa nyeri yang berlebihan dan disertai dengan demam. Sakit perut yang disertai dengan rasa nyeri dan disertai demam bisa jadi merupakan pertanda telah terjadi peradangan pada daerah sekitar area perut yang terserang infeksi. Apabila dibiarkan tanpa penanganan, sakit perut yang disertai infeksi ini berpotensi menimbulkan penyakit yang berbahaya dan bisa jadi tindakan medis berupa pembedahan harus dilakukan. Agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat, ada baiknya mengenal sakit perut berdasarkan lokasinya. Apa saja itu?

Jenis dan Macam Sakit Perut

Terdapat beberapa jenis dan macam penyakit yang biasanya disertai dengan sakit perut. Beberapa diantaranya merupakan jenis penyakit yang ringan dan ada juga yang berat. Berikut ini jenis dan macam penyakit sebagai bagian dari mengenal sakit perut berdasarkan lokasinya beserta diagnosanya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Radang usus besar

Radang usus besar biasanya terjadi pada perut bagian bawah. Saluran usus besar yang berguna untuk penyerapan lemak, vitamin dan air mengalami infeksi akut yang disebabkan oleh aktifitas bakteri yang berlebih. Penyakit ini bisa diatasi dengan pemberian antibiotik.

Endometriosis

Endometriosis adalah suatu gangguan nyeri perut yang terjadi pada perut bagian bawah dan disebabkan oleh terbentuknya jaringan mirip jaringan sel telur yang terbentuk di luar rahim. Karena sifatnya yang mirip sel telur, maka sakit perut yang terjadi akan mengikuti siklus menstruasi dan berulang secara periodik.

Perut sensitif

Nyeri yang disebabkan oleh perut yang sensitif biasa terjadi pada perut bagian tengah. Sindroma perut sensitif atau Irritable Bowel Syndrome ditandai dengan kram perut ketika memakan jenis makanan tertentu dan kemudian mereda setelah buang air besar.

Baca Juga:  Gunakan Obat Herbal Vertigo Berikut Ini Dan Rasakan Manfaatnya

Radang lambung atau gastritis

Salah satu cara mengenal sakit perut berdasarkan lokasinya adalah penyakit gastritis atau radang lambung. Gastritis atau radang lambung biasa menyerang pada perut bagian atas, utamanya menimbulkan sensasi rasa terbakar pada belakang tulang dada dan memburuk saat lapar. Penyakit perut ini merupakan penyakit ringan dan bisa disembuhkan dengan obat antasida.

Radang pankreas

Radang pankreas biasa terjadi pada perut bagian atas dan menjalar hingga menembus perut bagian belakang atau punggung. Gejala radang pada pankreas juga diikuti dengan nyeri, hilang selera makan atau bahkan jika dipaksakan makan pun tubuh akan menolak dan sekujur tubuh akan terasa sakit ketika digunakan untuk berbaring. Radang pankreas ini biasanya mengikuti penyakit liver yang terlebih dahulu menyerang.

Radang usus buntu

Radang usus buntu adalah suatu gangguan penyakit yang menyerang perut bagian tengah yang menjalar ke samping. Radang usus buntu disebabkan oleh aktifitas bakteri di dalam usus buntu yang berkembang biak dengan cepat dan akhirnya menyebabkan usus buntu meradang, bengkak, dan penuh nanah. Tindakan tepat mengatasinya adalah melalui pembedahan.

Infeksi ginjal

Kiat lain dalam mengenal sakit perut berdasarkan lokasinya adalah terjadinya infeksi pada ginjal. Penyakit infeksi pada ginjal biasanya menyerang perut pada bagian bawah dan menjalar hingga ke samping perut hingga tulang panggul. Radang atau infeksi pada ginjal ini diikuti dengan gejala nyeri, demam, susah buang air keci atau bahkan sering timbul keinginan berkemih namun air seni tidak keluar. Nyeri dan demam ini disebabkan terbentuknya karang atau batu ginjal yang berasal dari penumpukan kalsium sisa metabolit tubuh pada saluran ginjal.

Karang empedu

Karang empedu biasa terjadi pada perut bagian kanan atas. Gejala penyakit ini antara lain nyeri, perut seperti tertusuk-tusuk dan gejalanya akan makin parah ketika mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi. Karang empedu adalah endapan yang mengeras pada kantung sekitar empedu yang disebabkan oleh lemak yang tidak terproses oleh ginjal.
Demikianlah beberapa jenis dan macam penyakit sebagai bagian dari mengenal sakit perut berdasarkan lokasinya beserta diagnosanya. Perbanyak konsumsi air putih dan melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan makanan gizi seimbang dan imbangi pula dengan melakukan olahraga untuk memperkecil resiko serangan penyakit yang menyerang daerah perut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sakit Perut yang Perlu Diwaspadai
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner