Obat Sakit Perut Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Obat Sakit Perut Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Sakit perut yang terjadi sewaktu-waktu bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun parasit lain. Infeksi yang terjadi pada bagian perut ini terkadang menyebabkan tubuh bereaksi seperti diare, kram atau bahkan perut terasa seperti penuh atau sebah. Sebenarnya tidak perlu menggantungkan konsumsi obat sakit perut yang biasa dijual di apotik ataupun toko obat terdekat karena terdapat beberapa jenis dan macam obat sakit perut alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain jauh lebih aman karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia sintetis, membuat obat sakit perut sendiri dengan cara tradisional juga tidak kalah ampuh dibandingkan obat kimia yang beredar secara luas di pasaran. Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan Macam Obat Sakit Perut Alami

Berikut ini beberapa jenis dan macam obat sakit perut alami yang bisa dibuat sendiri sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Kemiri

Selain digunakan sebagai bumbu masak, kemiri juga bisa digunakan sebagai obat sakit perut dengan cara dibakar hingga keluar minyaknya kemudian dioleskan pada area perut. Biji kemiri yang dibakar ini berkhasiat untuk mengobati sakit perut yang disebabkan perut kembung ataupun gastritis.

Daun jambu biji

Daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dengan cara perebusan dan penyaringan. Air rebusan daun jambu biji ini bermanfaat untuk mengobati sakit perut akibat diare, sehingga feses yang keluar tidak lagi berupa cairan ataupun untuk menghentikan proses BAB yang sering terjadi ketika terserang diare.

Teh kental

Teh kental merupakan salah satu jenis obat sakit perut alami yang bisa dibuat sendiri. Ramuan tradisional menggunakan daun teh yang sengaja dibuat kental dan tanpa gula ini berguna untuk mengobati sakit perut yang disebabkan oleh diare, sehingga feses yang keluar tidak lagi berbentuk cairan atau lembek dan menghentikan atau mengurangi frekuensi BAB.

Baca Juga:  Gunakan Obat Herbal Vertigo Berikut Ini Dan Rasakan Manfaatnya

Ketumbar

Selain berguna sebagai penyedap masakan, biji ketumbar yang bentuknya mirip dengan biji merica ini juga bisa digunakan sebagai ramuan trdisional untuk mengusir perut kembung. Cukup tumbuk halus kemiri kemudian campur dengan sedikit air. Ramuan berbentuk seperti pasta ini kemudian dibalurkan atau ditempelkan pada area perut dengan dibalut kasa steril.

Bawang merah

Selain berguna untuk mengobati masuk angin pada balita, bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati sakit perut pada balita yang disebabkan perut kembung. Cukup potong bawang merah dan oleskan permukaan bawang merah yang telah terpotong tersebut pada seluruh permukaan perut dan punggung.

Kunyit

Konsumsi rebusan rimpang kunyit dan daun tawas merupakan obat sakit perut alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Air rebusan kunyit dan daun tawas ini bisa digunakan untuk mengobati sakit perut yang disebabkan infeksi bakteri seperti infeksi usus besar, diare atau disentri. Konsumsi dua kali sehari selama seminggu untuk mengobati penyakit perut karena infeksi bakteri ini.

Sirsak

Seperti halnya rebusan kunyit dan daun tawas, konsumsi jus sirsak yang telah dihilangkan bijinya tanpa penambahan gula juga bisa digunakan untuk mengobati sakit perut yang disebabkan oleh kesulitan BAB. Kesulitan BAB biasa terjadi akibat kurangnya konsumsi serat atau gangguan hormonal.

Kelapa muda

Konsumsi air kelapa muda dapat digunakan untuk mengobati sakit perut seperti mual dan kram perut yang diakibatkan oleh keracunan makanan. Konsumsi air kelapa muda segera sesaat setelah perut terasa mual dan kram karena konsumsi makanan tertentu yang mengandung toksin atau racun.
Temulawak
Temulawak juga merupakan salah satu jenis obat sakit perut alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Konsumsi air rebusan temulawak dapat digunakan untuk pengobatan sakit perut yang disebabkan oleh pembengkakan liver atau hati. Semoga bermanfaat.