Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Fitness / Panduan Cara Membuat Otot Perut Sixpack

Panduan Cara Membuat Otot Perut Sixpack

/
/
/
237 Views

Banyak pria yang mencari materi panduan tentang cara membuat perut sixpack. Hal tersebut dilakukan karena memiliki perut sixpack merupakan keinginan dan impian kebanyakan pria. Ada beberapa manfaat yang didapat dari memiliki perut sixpack salah satunya yaitu dapat menambah keprcayaan diri. Karena Memiliki perut sixpack termasuk kedalam gaya hidup pria, maka GHP akan mengulas semua materi panduan bagaimana cara membuat perut sixpack.

Harap membaca artikel ini secara seksama dan tidak usah berniat menyelesaikannya dalam sekejap, karena  untuk membuat otot perut sixpack bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan dalam sekejap.

Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana Panduan Cara Membuat Otot Perut Sixpack ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mencoba melakun berbagai hal. Tentunya GHP akan membagi penjelasan ini ke dalam beberapa bagian agar bisa membantu anda mempelajarinya secara bertahap.

Cara Membuat Otot Perut Sixpack

Materi ini akan terbagi kedalam beberapa bagian

  1. Diet Untuk Mendpatkan Perut Sixpack
  2. Latihan Untuk Mendapatkan Perut Sixpack
  3. Suplemen Untuk Membantu Perut Sixpack
  4. Jenis Makanan Untuk Membantu Perut Sixpack

Itulah beberpa materi yang akan dibahas dalam panduan cara mendapatkan perut sixpack

1. Diet Untuk Mendpatkan Perut Sixpack

Ada beberpa pengertian tentang diet. Diet menurut wikipedia,Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Sedangkan diet menurut para ahli adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan penyakit.

Untuk materi ini lebih ditekankan unutk Anda yang memiliki perut buncit dan berbadan gemuk. Sebelum Anda melakukan beberapa latihan olahraga Anda harus mengetahui semua yang berhubungan tentang diet dalam program membuat perut sixpack. Karena dalam program diet Anda perlu mengetahui tentang makanan mulai dari karbohidrat, protein dan makanan yang tidak boleh dimakan selama diet.

  • Memilih Karbohidrat Yang Baik Dan Tidak Baik

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membentuk perut sixpack dengan diet adalah dengan cara memperhatiakn asupan makanan yang mengandung karbohidrat.

Ada dua jenis karbohidrat, ada karbohidrat baik dan ada karbohidrat yang buruk. Untuk mengetahui jenis makanannya bisa dilihat pada gambar diatas. Tidak semua karbohidrat adalah bahan makanan yang buruk. Patokan yang mudah, Anda harus menghindari karbohidrat putih. Biji-bijian utuh (disebut juga dengan “karbohidrat lambat”) banyak mengandung serat dan masuk ke sistem tubuh Anda dengan lebih lambat (sesuai dengan namanya) daripada karbohidrat sederhana yang telah diolah (karbohidrat putih). Jadi jangan ragu untuk menyantap karbohidrat berwarna cokelat seperti beras merah, quinoa, gandum utuh dan oat utuh.

  • Memakan Protein Di Waktu Yang Tepat

Ketika melakukan diet Anda dituntut untuk menjaga pola makan dengan tidak semabrangan menyantap makanan. Selain itu saat dalam profram diet Anda juga harus tau waktu yang tepat untuk memakan makanan yang mengandung protein. Karena selama proses diet Anda tidak akan makan dalam jumlah yang besar (dan itu merupakan bahan yang Anda perlukan untuk membentuk jaringan otot). Mereka yang mengonsumsi protein seberat 35 gram ketika sarapan tidak akan terlalu lapar di sepanjang hari dan merasakan perubahan yang positif pada hormon dan sinyal otak yang mengendalikan nafsu makan

Catatan Penting Dalam Mendapatkan Perut Sixpack

Perut six pack tidak bisa didapatkan hanya dengan menghitung kalori. Yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan lemak yang menutupi perut untuk memamerkan otot-otot perut Anda. Dan ini dapat dicapai dengan mengurangi konsumsi makanan Anda.

Menyantap sarapan apa pun selalu terkait dengan meningkatnya perasaan kenyang, berkurangnya nafsu makan, dan kadar ghrelin (hormon perangsang rasa lapar) yang rendah di pagi hari. Namun sarapan yang banyak mengandung protein dikaitkan dengan manfaat ini di sepanjang hari.

Ini bukan berarti Anda harus menyantap steik ham dan telur. Agar konsumsi kalori dan lemak Anda tetap terkendali, konsumsi yoghurt Yunani, putih telur, dan bacon Kanada.Lebih jauh lagi, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori yang memecah protein daripada yang dilakukan tubuh pada karbohidrat dan lemak. Meskipun sedikit tetap akan dihitung, bukan?

  • Menghindari Makan Olahan/Makanan Ringan

Hindarilah makanan olahan atau makanan ringan karena makanan tersebut banyak memngkonsumsi kalori dari makanan olahan dan cepat saji akan membuat tubuh Anda tidak sehat karena kekurangan nutrisi. Nutrisi dalam makanan yang telah mengalami proses pengawetan akan hilang dan makanan tersebut hanya memiliki kalori yang kosong dan tidak sehat. Ini benar-benar tidak baik untuk melangsingkan pinggang.

Carilah makanan super yang populer (buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan rendah kalori, seperti brokoli). Makanan ini banyak mengandung vitamin dan mineral untuk memberi energi pada tubuh dan untuk menyembuhkan dan mencegah ketegangan otot.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak minum air putih akan menurunkan berat badan dalam jumlah yang lebih besar dan mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama. Apalagi air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Dengan banyak minum air putih secara alami Anda akan dapat menyingkirkan minuman manis tanpa kalori seperti soda dan jus olahan. Ini artinya Anda bisa mendapatkan dua hal hanya dengan satu tindakan.

2. Latihan Untuk Mendapatkan Perut Six Pack

Setelah melakukan diet dan tahu tengan makanan yang baik serta waktu yang tepat untuk memaknnya, sekarang saatnya Anda untuk memulai latihan untuk mendapatkan perut sixpack.  Inilah beberpa gerakan latihan yang bisa Anda lakukan sendiri. Tihan ini cukup sederhana, siapapun bisa melakukannya tanpa harus pergi ke tempat fitness.

  • Melatih Otot  Tubuh Bagian Tengah

Untuk melatih otot tubuh bagian tengah, Anda bisa melakukan beberapa gerakan seperti berikut:

 

Latihan Plank

Anda jangan hanya fokus di bagian depan – fokuskan juga di balik perut Anda, yaitu punggung! Dan latihan plank bisa melatih keduanya. Dengan lengan bawah di atas lantai dan jari-jari kaki ditekuk di atas lantai, angkat tubuh bagian tengah dan paha Anda ke atas. Pastikan siku Anda sejajar dengan bahu. Agar bisa melakukan latihan ini dengan benar, jagalah agar pantat dan perut Anda tetap lentur.

Latihan reverse crunch

Perut bagian atas bisa dilatih dengan mudah; yang sulit adalah perut bagian bawah. Latihan ini mirip dengan crunch, namun dengan kaki berada di udara. Mulailah dengan meletakkan tangan di samping tubuh, dengan telapak tangan tetap menghadap ke bawah. Tempatkan lutut di atas pinggul, dengan menggunakan perut untuk menggerakkan tubuh Anda. Jangan menggerakkan kepala ke arah lutut, tetapi gerakkan lutut ke arah kepala Anda. Tahan lutut sedekat mungkin dengan kepala, lalu turunkan kembali lutut Anda ke matras.

Latihan sepeda

Latihan ini menargetkan punggung dan bagian samping tubuh, serta perut bagian bawah dan atas. Berbaringlah di atas permukaan yang lembut misalnya matras yoga dan buatlah gerakan seperti mengayuh pedal sepeda di udara. Secara bergantian angkat bahu Anda ke arah lutut yang berlawanan. Pastikan untuk melatih kedua sisi tubuh dengan merata. Berlatih sebanyak 2 set dengan 12 repetisi adalah permulaan yang baik

  • Melakukan Latihan Beban

Salah satu latihan undtuk mendapatkan perut sixpack yaitu dengan melakukan latihan beban. Ada beberapa latihan beban yang bisa Anda lakukan seperti:

Latihan Wood Chop

Dengan memegang beban atau bola latihan, berlututlah dengan satu kaki. Dengan dua tangan, angkat bebannya ke atas melewati bahu dari kaki yang ada di depan. Turunkan bebannya ke arah panggul yang lain, tahan, dan angkat kembali ke atas. Pastikan tubuh Anda selalu menghadap ke arah depan. Pilihlah beban yang bisa membuat otot Anda lelah dalam 12 repetisi.

Latihan Trunk Rotation

Dengan memegang dumbbell atau bola latihan, ambillah posisi duduk, dengan lutut ditekuk dan kaki rata di atas lantai. Bergeraklah sedikit miring ke belakang agar perut Anda ikut terlibat. Dengan siku ditekuk, tahan bebannya di dekat bagian tengah tubuh dan putar dari satu sisi ke sisi yang lain. Berhentilah sebentar di setiap akhir putaran.

Latihan Dumbbell Fly

Pegang dumbbell dan duduklah di bola stabilitas (stability ball). Gulirkan bolanya ke depan hingga kepala dan punggung atas Anda yang menyeimbangkan bola tersebut. Dorong dumbbell ke atas dan ke arah luar, tepat di atas siku. Secara perlahan, ayunkan ke arah luar dan ayunkan kembali ke dalam. Jagalah agar perut Anda selalu lentur dengan lengan dikendurkan, bukan dikunci

Jangan sampai tubuh Anda terbiasa dengan latihan yang Anda lakukan. Setelah Anda bisa melakukannya dengan mudah, buatlah latihannya menjadi lebih berat. Tantang diri Anda secara terus-menerus agar Anda bisa melihat hasil yang tidak pernah Anda lihat sebelumnya.

3. Suplemen Untuk Membantu Perut Sixpack

Selain program diet dan melakukan latihan rutin, salah stu cara untuk mempercepat mendapatkan perut sixpack adalah dengan suplemen. Suplemen merupakan kombinasi dari dua atau lebih vitamin dan zat berkhasiat sesuai dengan efek terapeutik yang diinginkan. Banyak suplemen fitness yang dibuat oleh beberpa produk untuk membantu mendapatkan perut sixpack.

Setelah melakukan latihan kini saatnya program Anda diabntu dengan mengkonsumsi suplemen fitness. Dibawah ini ada beberpa produk suplemen yang bisa anda coba. Dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai jenis-jenis suplemen fitness beserta fungsinya.

  • L-Carnitine

Fungsi dari L-carnitine itu sendiri dapat membantu mentranportasi asam lemak dalam tubuh, sehingga dapat mengubah lemak menjadi energy. Selain itu penelitian menyebutkan, bahwa L-carnitine dapat meningkatkan daya tahan otot selama latihan.

Jenis suplemen L-carnitine ini sering kali di buru oleh fitnes mania untuk membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

  • Whey Protein

Protein adalah makanan wajib bagi anda dalam pembentukan otot, terutama dalam membentuk otot perut sixpack.

Seberapa Penting kah suplemen Whey Protein Itu ?

Ada banyak manfaat mengkonsumsi banyak protein dalam pembentukan otot, seperti dapat membakar lemak dalam tubuh, dapat meningkatkan pertumbuhan otot.

Selain dari makanan yang dikonsumsi dalam keseharian dan menjalani latihan yang rutin , factor asupan protein sangat berperan banyak dalam pembentukan otot perut.

Manfaat lain dari protein :

Dapat membantu pertumbuhan otot
Dapat merecovery otot yang rusak
Dapat membantu mempercepat proses penyambuhan luka
Dapat menyehatkan kulit
Dapat menyehatkan rambut
Dapat membakar lemak

Bagitu banyak yang bisa anda manfaatkan untuk membentuk perut sixpack dengan mengkonsumsi whey protein. Selain dapat mendapatkan tubuh yang ideal , maka kesehatan lain pun bisa anda peroleh secara langsung.

  • Yohimbe

Jenis suplemen ini juga tak kalah popular dalam pembentukan perut sixpack. Mungkin sebagian dari anda masih bertanya, apa itu suplemen yohinbe ?

Suplemen yohimbe di afrika sana dikenal sebagai obat untuk menambah gairah seksual. Yohinba adalah ektrak dari kulit pohon dari afrika sana.

Suplemen yohimba ini mampu memangkas kadar lemak dalam perut. Cara kerja suplemen yohimbe ini dapat membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh di saat latihan. Disaat aliran darah lancer, maka tubuh akan lebih lancar dalam membakar lemak.

  • Creatine

Creatin merupakan suplemen yang sering diriset oleh berbagai pakar ilmu nutrisi. Hasil riset menunjukkan bahwa creatine dapat meningkatkan kecepatan dan ketahanan atlit sprit didalam perlombaan jarak jau. Tidak hanya digunakan dalam cabang lari jarak jauh namun creatine juga digunakan dalam cabang angkat besi dan hasilnya dapat menambah kekuatan atlit tersebut. Suplemen creatine dapat membantu anda dalam program latihan membentuk otot dengan menambah kekuatan, mempercepat pembakaran lemak, dan menambah massa otot. Dengan mengkonsumsi creatine seelum latihan stamina kita akan selalu terjaga sehingga kita dapat berlatih lebih lama.

  • BCAA

BCAA adalah suplemen yang mengandung rantai asam amino dan terdiri dari isoleusin, lausin, dan valin. BCAA di klaim dapat meningkatkan massa otot secara berkepanjangan serta membantu proses pemulihan otot. BCAA juga dapat membantu proses regerasi sel-sel otot dan membantu mengurangi kerusakan otot yang terjadi akibat latihan berat.

Manfaat suplemen BCAA adalah:
Memberikan energi maksimal.
Mengandung protein yang tinggi.
Meningkatkan kekuatan.
Membentuk otot.
Membantu mengencangkan otot.
Mengganti sel otot yang telah rusak.

  • ZMA

ZMA merupakan suplemen yang memiliki sifat spesifik, Kandungan dari ZMA adalah kombinasi dosis tinggi antara Mineral, Zincvitamin B6, dan Magnesium. Kombinasi dari ketiga zat ini dapat meningkatkan produktivitas hormon testosteron pada saat tertidur lelap. ZMA juga mengandung zat yang berfungsi membantu anda agar tertidur lelap.

ZMA memiliki pantangan yakni dilarang diminum berbarengan dengan susu berkalsium karena kalsium akan mengurangi efektifitas dari ZMA sendiri.

 

4. Jenis Makanan Untuk Membantu Perut Sixpack

Selain berolah raga dan fitness, ada beberapa makanan yang bisa bikin perut kita rata dan terlihat six pack. Makanan ini biasa digunakan saat kita menjalankan program diet. Nah, jika kita menginginkan perut langsing dan tampil rata, maka makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Berikut beberapa makanan tersebut.

  • Whole grain

Whole grain atau biji – bijian utuh sangat baik untuk dikonsumsi karena makanan ini banyak mengandung serat. Whole grain sangat membantu di dalam memberikan tenaga pada otot kita saat melakukan olah raga atau fitness. Biji – bijian ini juga bisa mengurangi lemak pada perut kita dan membuat perut dalam keadaan kenyang. Contoh dari biji – bijian ini adalah beras merah dan wheatberris. Kedua makanan ini dapat mencegah perut kembung dan membuat kondisi perut terisi dalam keadaan yang baik.

  • Buah apel

Buah apel selain mengandung antioksidan, vitamin C dan E, buah ini juga mengandung serat yang tinggi. Buah ini dapat membuat perut kita kenyang dan membantu di dalam pembakaran lemak dalam perut kita.

  • Alpukat

Kita mungkin mengira jika mengkonsumsi alpukat dapat membuat perut kita gendut karena memiliki kandungan lemak di dalamnya. Namun perkiraan kita salah, lemak yang ada pada buah alpukat tergolong lemak tak jenuh tunggal dimana lamak ini malah membantu di dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh terutama pada perut. Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh ada pada buah ini.

  • Kacang almond

Kacang – kacangan mengandung serat non fermentasi dimana makanan yang satu ini akan membuat perut kita kenyang. Selain itu, kacang almond juga bisa menstabilkan gula darah. Kandungan serat yang tinggi pada kacang almond bisa membuat kita terhindar dari beberapa masalah perut seperti perut kembung dan sembelit.

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran yang rendah kalori, sangat cocok untuk menu diet Anda! Selain itu kandungan serat yang tinggi juga sangat membantu untuk membuat perut kenyang. Mengkonsumsi bayam juga baik untuk sistem pencernaan kita sehingga kita akan terhindar dari gangguan pencernaan perut.

  • Greek yogurt

Makanan yang satu ini kaya akan kalsium serta probiotik yang sangat membantu di dalam membentuk perut six pack Anda.

Penelitian dari klinik jurnal nutrisi Eropa menunjukkan jika seseorang yang mengkonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik dan kalsium di dalamnya, maka endapan lemak pada otot perut dapat segera hilang.

Sekedar tips, sebaiknya dipilih yogurt yang tidak mengandung perasa karena banyak mengandung gula. Kandungan gula pada yogurt justru bisa membuat timbulnya lemak di dalam perut.

  • Teh hijau

Tentu kita sering mendengar bahwa teh hijau berkhasiat di dalam mengecilkan perut buncit. Kandungan kafein serta antioksidan pada teh hijau dapat meningkatkan jumlah O2 untuk tubuh dan tentunya suplai energy pada tubuh akan meningkat sehingga kebutuhan makanan yang mengandung kalori akan berkurang. Hal inilah yang membuat kita bisa mengurangi asupan kalori dari makanan sehingga kalori dalam badan yang akan terbakar (bukan makanan yang baru saja kita konsumsi). Ini akan membuat berat badan menjadi turun.

  • Telur

Telur mengandung protein yang baik untuk memecah lemak dalam perut dan bagian tubuh lainnya. Selain itu telur juga mengandung vitamin B12. Kandungan protein pada telur bebek adalah 13,1 per 100 gr. Sedangkan pada telur ayam sebanyak 12,0 gram.

  • Asparagus

Asparagus merupakan sayuran hijau yang memiliki cita rasa yang unik. Disamping rasa uniknya itu, asparagus menyimpan berbagai manfaat. Salah satunya bisa bikin perut kita six pack karena asparagus memiliki serat probiotik yang baik untuk tubuh. Selain itu, asparagus juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga otot tetap kuat sehingga Anda dapat melakukan olah raga dan fitness secara maksimal.

Itulah materi panduan untuk membuat perut sixpack yang bisa anda lakukan. Dengan mengikuti beberapa panduan dan tips diatas, percayalah anda akan berhasil mendapatkan perut sixpack.

 

 

 

 

Baca Juga:  Kesalahan Yang Sering Dilakuan Saat Diet & Menurunkan BB
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner