Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kesehatan / Pertolongan Pertama Terhadap Keseleo

Pertolongan Pertama Terhadap Keseleo

/
/
/
43 Views

Bagaimana Pertolongan Pertama Terhadap Keseleo Yang tepat? Bagi sebagian besar kita, keseleo tentu saja bukan merupakan hal yang asing, karena mungkin hampir setiap kita pernah mengalaminya. Mari kita pelajari sekilas mengenai apa itu keselo, gejala maupun penyebabnya serta cara tepat untuk menanganinya. Keseleo atau terkilir adalah cedera yang berupa peregangan dan atau robekan pada otot, pada ligamen (jaringan penghubung tulang satu dengan tulang lainnya) atau tendon (jaringan penghubung otot dengan tulang).

Keseleo yang paling sering terjadi adalah keseleo pada pergelangan kaki, terutama ketika berolahraga, berjalan, terjatuh atau setelah melompat. Siku dan pergelangan tangan juga bisa keseleo ketika mengangkat beban dengan cara yang salah atau gerakan otot dan tendon yang berulang dan terus menerus. Keseleo dapat mengakibatkan pembengkakan pada bagian yang terkilir karena aliran darah yang terganggu oleh membengkaknya otot.

Gejala pada keseleo akan langsung tampak karena merupakan penyakit luar. Gejala yang umum dirasakan saat keseleo adalah nyeri, memar, bengkak, serta kesulitan dalam menggerakkan bagian tubuh yang cedera. Meskipun begitu, gejala dan tanda ini dapat sangat bervariasi dalam hal tingkat keparahannya, tergantung seberapa beratnya cedera yang dialami. Kadang-kadang orang-orang yang mengalami keseleo merasakan ada yang robek saat cedera terjadi. Dalam tingkatan paling parah, anda akan merasa bagian tubuh yang cedera tidak bisa digerakkan. Sejauh ini yang biasa terjadi adalah keseleo ringan.

Pertolongan Pertama Terhadap Keseleo

Sebelum melakukan penanganan lebih intensif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar keseleo dapat tertangani.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya TIDAK dilakukan dalam penanganan keseleo:

Mengoles bagian yang sakit dengan balsam atau minyak gosok

Baca Juga:  Jenis-jenis Sakit Perut yang Perlu Diwaspadai

Balsam dan minyak gosok bekerja mempercepat dan memperlancar aliran darah sehingga dapat meningkatkan resiko pecahnya pembuluh darah kapiler. Selain itu, meningkatnya aliran darah di tempat yang sakit dapat membuat bengkak makin bertambah besar dan memperparah rasa sakit atau nyeri. Mengoleskan balsam atau minyak gosok saat terkilir atau keseleo memang cukup sering dilakukan. Memang rasanya akan menjadi lebih enak tapi efeknya akan parah, apalagi jika keseleo yang diderita cukup serius. Tentu saja hal ini sangat beresiko.

Mengurut bagian yang sakit

Sebagian besar orang menangani keseleo dengan mengurut bagian yang terkena. Hal ini sangatlah berbahaya. Tujuan dari mengurut adalah memperbaiki dan meluruskan otot yang meregang. Hal ini akan sangat beresiko sebab cara mengurut yang salah dapat menyebabkan otot terjepit dan kerusakan pada otot menjadi lebih besar. Untuk itu, jangan lakukan pengurutan saat keseleo.

Setelah mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat keseleo, kini kita beralih pada hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan dalam menangani keseleo. Berikut adalah beberapa tahapnya:

Istirahatkan badan anda dan bagian tubuh yang keseleo

Hentikan aktivitas yang anda lakukan. Jangan paksakan untuk kembali beraktivitas. Jangan gerakkan bagian tubuh yang keseleo. Sekitar 48 jam setelah cedera merupakan masa kritis, oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi aktivitas Anda. Coba untuk tidak terlalu banyak bergerak atau memberikan tekanan pada bagian yang keseleo.

Kompres bagian yang keseleo dengan es batu

Kompres bagian yang terkena selama kurang lebih 15 menit. Es batu bisa menghentikan pendarahan dan juga mencegah pembengkakan. Selain itu, es batu dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan bengkak. Masukkan es batu yang akan digunakan untuk mengompres ke dalam plastik atau bungkus dengan handuk kecil agar air dari es tidak menetes. Jangan menempelkan es lebih dari 15 menit tanpa jeda karena dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otot. Beri jeda beberapa menit sebelum menempelkannya lagi.

Baca Juga:  Cari Tahu! Apakah Kolesterol Anda Abnormal?

Balut bagian tubuh yang keseleo dengan pembalut kain atau perban elastis

Balutlah sekuat-kuatnya yang masih dalam zona nyaman jangan sampai memotong sirkulasi darah ke anggota tubuh tersebut. Jika kemudian jari terasa dingin atau kesemutan, itu berarti pembalut terlalu kencang jadi lepaskan dan kemudian balut ulang dengan posisi yang benar. Ketika anda akan tidur, sebaiknya renggangkan balutan tersebut terlebih dahulu.

Berbaring dan angkat lalu ganjal bagian tubuh yang keseleo dengan bantal selama beberapa menit

Usahakan posisinya lebih tinggi dari jantung Anda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan hal tersebut hingga bengkak hilang dan sirkulasi darah setempat lancar kembali.

elain beberapa langkah Pertolongan Pertama Terhadap Keseleo di atas, anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Namun, jika rasa nyeri atau sakit sangat hebat, anda bisa meminta dokter meresepkan obat analgesik yang lebih kuat. Setelah rasa nyeri mereda, lakukan latihan ringan untuk mengembalikan kekuatan otot. Untuk kasus keseleo berat, mungkin diperlukan tindakan pembedahan untuk memperbaiki ligamen atau otot yang robek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner