Pertolongan Pertama Terhadap Mimisan

Pertolongan Pertama Terhadap Mimisan

Bagaimana pertolongan pertama terhadap mimisan? Mungkin banyak diantara Anda yang pernah melihat, atau bahkan mengalami, masalah hidung yang mengeluarkan darah. Ya, kondisi dimana hidung mengeluarkan darah segar sering disebut dengan istilah mimisan.

Dalam dunia kedokteran sendiri, mimisan dinamakan epistaksis, yakni pendarahan melalui lubang hidung. Pendarahan itu sendiri dibagi dua jenis, epistaksis anterior (pendarahan akibat terjadinya masalah di bagian depan hidung) dan epistaksis posterior (pendarahan akibat terjadinya masalah pada bagian belakang hidung). Namun ada pula beberapa kasus yang terjadi dimana pendarahan bersumber dari sinus dan mata, bahkan hingga masuk ke saluran pencernaan hingga menyebabkan terjadinya muntah darah.

Secara garis besar, mimisan disebabkan akibat terjadinya suatu erosi atau pecahnya beberapa pembuluh darah di dalam selaput lendir hidung. Hal ini merupakan akibat dari kondisi kekeringan yang dialami selaput lendir, sehingga menyebabkan rapuhnya pembuluh darah. Hal itu bisa mengakibatkan pembuluh darah mengalami erosi atau menjadi mudah pecah hanya dengan benturan atau gesekan yang ringan. Kondisi udara yang terlalu kering merupakan salah satu faktor penyebab keringnya selaput lendir pada hidung. Selain itu, sering mengorek bagian dalam hidung yang kerap dilakukan oleh anak-anak bisa juga menyebabkan terjadinya erosi. Bahkan bersin yang kuat sehingga mengeluarkan udara yang terlalu keras dari hidung dapat mengakibatkan pembuluh darah di dalam hidung menjadi pecah.

Pertolongan Pertama Terhadap Mimisan

Pada Diri Sendiri

Rasanya tidak terlalu sulit menentukan gejala-gejala munculnya mimisan. Sebab pada dasarnya mimisan bisa segera diketahui apabila seseorang mengalami pendarahan yang mengalir keluar dari lubang hidungnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Ada yang menderita mimisan akibat infeksi pada organ hidungnya, atau akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dialami penderita atau bahkan alergi terhadap sesuatu. Selain itu, sering kali mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan tertentu yang menyebabkan darah menjadi encer misalnya aspirin, dan beberapa jenis suplemen yang mengandung ginko biloba juga sering kali dianggap sebagai sumber utama penyebab terjadinya erosi pada pembuluh darah di hidung.

Baca Juga:  Tips Menghilangkan Jerawat Batu dan Membersihkan Bekasnya

Untuk memberikan pertolongan pertama terhadap gejala mimisan, baik untuk Anda sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda, sebenarnya bisa dibilang praktis dan cukup mudah namun tentunya harus dengan langkah dan prosedur yang tepat agar darah yang keluar bisa dapat segera dihentikan.

Berikut adalah beberapa cara untuk memberi pertolongan pertama terhadap mimisan pada diri sendiri, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan Anda memberikan jepitan pada bagian hidung yang lunak yaitu bagian yang memiliki tulang rawan dengan menggunakan media ibu jari dan telunjuk. Usahakan memberi tekanan yang kuat dengan posisi hidung agak mengarah ke wajah. Anda bisa bernafas melalui mulut untuk menggantikan peran hidung Anda yang tengah tersumbat darah,
  2. Bila posisi Anda sedang terduduk, usahakan sedikit mencondongkan tubuh ke arah depan, dimana posisi kepala agak menunduk. Jangan sekali-kali menyandarkan atau mendongakan kepala Anda. Hal ini justru bisa membahayakan diri sendiri, sebab darah mengalir ke bawah malah akan berbalik arah ke dalam rongga sinus kepala dan tenggorokan, yang tentunya akan membuat Anda tersedak bila hal itu terjadi. Bahkan darah tersebut bisa masuk ke dalam rongga pernafasan Anda, atau lambung Anda sehingga akan menyebabkan gejala muntah-muntah,
  3. Lakukan tips nomor 1 sekurang-kurangnya selama lima menit, kemudian lepaskan. Apabila darah belum juga berhenti keluar, Anda bisa mengulangi hingga pendarahan benar-benar berhenti mengalir,
  4. Ingat, pastikan agar kelembaban pada bagian dalam hidung tetap terjaga. Usahakan untuk menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan kobocoran atau erosi pembuluh darah hidung, seperti misalnya aktifitas mengorek bagian dalam hidung secara kasar. Selain itu, hentikan penggunaan obat yang bersifat mengencerkan darah (misalnya aspirin, dan beberapa jenis suplemen yang mengandung ginko biloba).
Baca Juga:  Berhenti Merokok dengan Terapi Akupuntur
Pertolongan Pertama Terhadap Mimisan

Pada Orang Lain

Untuk memberikan pertolongan pertama pada gejala mimisan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

Jika Anda menemui seseorang yang mengalami masalah mimisan pada hidungnya, Anda bisa mencoba menginstruksikan kepada si penderita untuk melakukan seluruh langkah-langkah seperti ketika mimisan terjadi pada diri sendiri.

Bila terjadi masalah yang lebih fatal, hingga menyebabkan pingsan dan demam tinggi misalnya, segera tuntun ia ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama terhadap mimisan serta penanganan yang lebih serius.