Pertolongan Pertama Terhadap Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Terhadap Serangan Jantung

Bagaimana memberikan pertolongan pertama terhadap serangan jantung? Jantung merupakan organ kehidupan yang bagi setiap makhluk. Manusia memiliki jantung yang berdenyut di setiap detik, yang berfungsi untuk memompa aliran darah dalam tubuh. Apabila jantung sudah mengalami kebocoran, bisa dipastikan nyawa seseorang ibarat sudah tinggal separuh saja. Sebab, apabila organ tubuh lain ada yang bermasalah tetapi jantungnya dalam keadaan sehat, maka masih bisa diatasi dan memiliki peluang bertahan hidup yang lebih besar.

Namun sebaliknya, apabila tubuh seseorang terlihat sehat dan kuat, namun memiliki masalah pada jantungnya, bukan tidak mungkin, kematian akan terus mengintainya setiap saat. Sebab jantung bisa dibilang merupakan organ yang berdiri sendiri tanpa terpengaruh aktifitas organ lainnya, semisal ginjal, hati, ataupun paru-paru. Namun organ lain bekerja terpusat pada jatung, sehingga apabila jantung bermasalah, maka kinerja organ lain ikut tidak maksimal. Lalu apa itu serangan jantung? Untuk menjawabnya, Anda perlu membaca lebih lanjut artikel mengenai serangan jantung berikut ini.

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, jantung merupakan pusat dari kehidupan itu sendiri. Seseorang yang menderita masalah jantung tentu saja secara langsung akan terancam jiwanya. Serangan jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang jumlah penderitanya sudah tidak terhitung lagi banyaknya. Serangan jantung sendiri berarti keadaan dimana terhentinya proses sistem aliran darah yang mengarah ke jantung.

Meskipun hanya sesaat, namun kondisi ini mampu menyebabkan kematian dalam sekejap. Bayangkan bila Anda sama sekali tidak mampu bernafas barang sedetik pun akibat tersumbatnya pembuluh darah di jantung sehingga akan menyebabkan rasa sesak dan panas di dada. Akibat terhentinya sistem aliran darah tersebut menyebabkan sebagian dari sel pada jantung akan menjadi lumpuh atau mati.

Baca Juga:  6 Cara Diet Sehat Dengan Nutrisi Yang Lebih Baik
Pertolongan Pertama Terhadap Serangan Jantung Pada Diri Sendiri

Gejala-gejala serangan jantung bagi setiap orang bisa saja berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Namun secara garis besar, ada lima gejala yang paling sering ditemui pada seseorang yang mengalami masalah pada jantungnya, yakni:

  1. Timbul rasa nyeri yang tidak beraturan, kadang menyerang leher, pundak, ataupun perut,
  2. Timbul perasaan gelisah dan tidak nyaman,
  3. Timbul rasa nyeri dan sesak pada bagian dada,
  4. Tiba-tiba terasa mual dan ingin muntah yang tidak diketahui penyebabnya,
  5. Mudah lelah dan timbul rasa kantuk yang kerap menyerang saat sedang beraktifitas.

Untuk memberi pertolongan pertama terhadap serangan jantung pada diri sendiri, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

Bila tiba-tiba Anda merasa terkena serangan jantung dengan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, cobalah untuk duduk atau bila memungkinkan, Anda bisa berbaring di sofa atau tempat tidur. Pastikan untuk segera menghentikan segala kegiatan yang tengah Anda lakukan saat itu. Ingat, jangan melakukan banyak pergerakan yang akan menyebabkan nafas semakin berat. Selain itu, pergerakan yang aktif akan semakin meningkatkan resiko kerusakan atau masalah lain pada organ tubuh yang diakibatkan oleh serangan jantung,

Apabila Anda sedang berada jauh dari orang-orang, cobalah untuk menjatuhkan sesuatu agar terjadi sedikit kegaduhan. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk memberitahu kepada orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang membutuhkan pertolongan darurat. Jangan sekali-kali berteriak, sebab aktifitas tersebut akan memakan energi yang tentunya membuat jantung Anda bekerja semakin cepat,

Apabila sebelumnya Anda pernah menderita sakit jantung dan berkonsultasi ke dokter, biasanya mereka akan memberikan resep, dan salah satunya adalah tablet nitroglyserin. Pastikan Anda untuk segera mengkonsumsi tablet tersebut. Biasanya dosis yang dianjurkan adalah mengkonsumsi satu tablet untuk setiap lima menit, dan dilakukan hingga sakit yang dialami perlahan mulai terasa berkurang. Namun ingat, jangan pernah mengkonsumsi tablet nitroglyserin apabila dokter tidak mencantumkannya ke dalam resep obat Anda.

Baca Juga:  4 Faktor Penyebab Gagal Memperoleh Berat Badan yang Ideal
Pertolongan Pertama Terhadap Serangan Jantung Pada Orang Lain

Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

Segera menghubungi pihak medis (biasanya orang yang pernah menderita serangan jantung akan memiliki kontak dengan dokter pribadi untuk berkonsultasi) atau bisa langsung segera membawanya ke rumah sakit terdekat. Anda juga bisa menghubungi pihak keluarga terdekat untuk segera mengabarkan kondisi yang dialami si penderita,

Apabila kondisi tidak begitu parah, Anda bisa segera memberikan tablet aspirin sebagai pertolongan pertama terhadap serangan jantung (dengan catatan penderita tidak memiliki alergi terhadap obat tersebut). Aspirin berguna untuk menghambat terjadinya penggumpalan darah, serta menjaganya tetap mengalir menuju pembuluh arteri. Konon, mengunyah tablet aspirin mampu menurunkan resiko dari ancaman kematian (meskipun tidak menjamin 100%). Selain itu Anda juga bisa membantunya untuk minum air hangat perlahan-lahan agar suhu tubuhnya tetap terjaga.