Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Lifestyle / How Fast Can You Learn ? Seberapa Cepat Kita Belajar

How Fast Can You Learn ? Seberapa Cepat Kita Belajar

/
/
/
7 Views

Beberapakali berpindah pekerjaan dengan tugas tugas berbeda yang dibebankan oleh perusahaan membuat saya tertarik untuk mengulas, atau lebih tepatnya memotivasi diri pribadi dan sahabat bagaimana kita bisa dengan cepat belajar terhadap hal hal yang baru dalam pekerjaan.

Dalam kehidupan ini kita selalu berpacu untuk mengejar segala macam keinginan pribadi, keinginan ini biasanya kita sebut sebagai cita-cita. Dan didalam usaha menggapai cita-cita, ada dua jenis proses yang biasanya akan kita lewati, yaitu berproses dengan cepat ataukah berproses melambat. Tentu saja dalam hal ini kita akan selalu memilih proses yang cepat tujuannya adalah agar dapat sukses dengan cepat pula. Nah apa yang kita perlukan dalam percepatan ini? dalam istilah ilmu kimia percepatan biasa kita kenal kata “Katalis”, ada beberapa garis besar katalis menurut saya yang perlu kita ketahui, seperti pada ulasan berikut.

Dalam proses proses pencapaian cita cita tersebut yang diperlukan adalah kemampuan belajar atau daya serap yang mumpuni dalam melaksanankan segala sesuatunya.

Passion dan motivasi.

Passion dan motivasi disini berarti keinginan yang kuat untuk menyelesaikan seluruh tugas dengan cepat. Keduanya merupakan bahan bakar yang akan memacu kita untuk bergerak maju dengan cepat. Maka seharusnyalah kita membiasakan untuk memotivasi diri untuk bisa belajar dalam setiap kondisi, jika tak mempunyai waktu yang cukup untuk membuka buku dan artikel motivasi maka diri kita sendiripun bisa kita dorong dengan selalu mengatakan “saya pasti bisa melakukan ini dan itu” maka sekujur tubuh kitapun akan ikut termotivasi sehingga tergerak untuk terus berkarya.

Teknologi yang bergerak cepat dan informasi yang tersedia luas

Seperti kita ketahui bahwa lompatan informasi sudah demikian cepatnya dan tersedia luas serta bisa di akses dengan beragam teknologi gadget yang canggih untuk tersambung ke internet. Maka manfaatkanlah teknologi yang tersedia.  Internet dan berbagai variannya memberikan kontribusi yang besar untuk mencerdaskan kita jika dimaksimalkan sesuai potensinya yg positif sehingga bisa kita manfaatkan untuk mempercepat proses belajar dalam menguasai suatu keterampilan dan pekerjaan.

Baca Juga:  Tips Keuangan Keluar Dari Jeratan Hutang Dengan Cepat
Adaptasi, Komunikasi dan membuka diri..

Adaptasi disini maksudnya bukan dari segi pertemanan saja, melainkan beradaptasi dengan pekerjaan. Jika kita berada ditempat kerja yang dibutuhkan adalah bagaimana cara kita beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan sehingga suasana lingkungan bisa cepat terserap dan lebih cepat pula bisa menyerap informasi yang bermanfaat.

Komunikasi merupakan alat yang paling ampuh untuk mempercepat proses belajar kita. Memiliki kemampuan bahasa tertentu, sebut saja bahasa inggris salah satunya, akan mempermudah kita untuk menguasai bidang atau skill tertentu jika manual dan literatur yang tersedia hanya dalam bahasa inggris. Namun yang terutama disini adalah kemampuan kita berkomunikasi dengan yang lain sehingga kita mampu menyerap sebanyak mungkin pengetahuan dari teman komunikasi kita kemudian pada akhirnya semua pengetahuan pengetahuan yang ada dari hasil komunikasi tersebut bisa kita asosiasikan satu sama lain dan menjadi satu bangunan pengetahuan yang utuh.

Membuka diri terhadap pertemanan yang bisa membantu kita melewati masa masa transisi, sebaiknya kita menghilangkan sikap Egois dan merasa mampu mengerjakan segala sesuatunya dengan sendiri, karena ketika kita mandeq pada suatu pekerjaan maka tak ada cara lain selain “ask to the friend” sebab banyak juga hal hal penting yang tidak tersedia di dunia maya.

Fokus

Terkadang terlalu banyak pekerjaan dan keinginan akan membuat kita kurang fokus, dan hal itu menjadi hambatan yang akan memperlambat proses belajar. Menjadi seseorang yang memiliki banyak keinginan sebenarnya ada bagusnya, hanya saja bagaimana mengatur keinginan keinginan itu agar dapat terwujud dengan baik satu persatu. Setelah kita menuntaskan satu pekerjaan maka pada saat itu kita bisa beralih mengerjakan pekerjaan yang lain, sebab jika dua atau tiga bahkan lebih pekerjaan dilakukan dalam satu waktu dengan spesifikasi yang berbeda beda, itu akan menyita waktu kita pada setiap peralihan peralihan fokus pada satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. Maka fokus yang saya maksud disini sederhananya jangan biarkan pengganggu-pengganggu pekerjaan yg sedang kita lakukan mendominasi waktu kita, pengganggu itu bisa berupa sosial media, TV dan lain-lain yang terlalu dominan. Boleh sedikit saja beralih tetapi jangan sampai terlarut sehingga pekerjaan utama tak bisa terselesaikan dengan baik.

Baca Juga:  Kerjaan Lagi Longgar? Yuk Ikutin Tips Ini Biar Tetap Produktif di Kantor

Dalam era Quantum ini, siapa yang dapat beradabtasi dengan cepat dan dapat bergerak dengan gesit serta lihai, maka dialah yang akan sukses.

So, my friends mari berpacu membangun diri menjadi lebih berkualitas..

Salam hangat..

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Link Banner