Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Kesehatan / Terapi Stres dengan Makanan

Terapi Stres dengan Makanan

/
/
/
177 Views
Makanan sering jadi pelarian ketika orang mengalami stes. Sayangnya, yang sering menemani stres adalah kopi dan makanan manis yang dapat menenangkan. Makan berlebih memang dapat menyebabkan penurunan hormon stres dalam tubuh.

Pure kentang, roti bakar isi ikan, dan pasta kukus, merupakan makanan yang menyenangkan dan dapat mengubah perasaan stres. Semua jenis makanan itu mengandung karbohidrat tinggi. Dalam otak, karbohidrat dapat berperan dalam mengurangi stres.

Pada saat emosi, otak segera memanfaatkan serotonin, suatu bahan kimia yang dapat membuat tenang. Jika kadar seretonin menurun, perasaan negatif akan meningkat. Mengonsumsi karbohidrat tinggi seperti pasta, kentang, dan roti manis, dapat meningkatkan kadar seretonin, sehingga stres menurun dan orang akan merasa rileks.

Orang yang sedang bekerja keras biasanya suka mengonsumsi kopi. Tak jarang di laci kerja mereka tersedia kopi. Ketika kondisi stres datang berlebihan, mereka akan semakin menikmati kopi tersebut. Penelitian pada sekitar 300 orang, yang dilakukan Universitas Minnesota di Moris, AS menemukan bahwa setengah dari mereka merupakan peminum kopi yang kuat, pada saat mendapat tekanan berat.

Kafein menghasilkan seng sangat cepat, yang membuat seseorang lebih rileks dan percaya diri. Yang jelas ini dapat merangsang produksi kortisol, suatu hormon stres yang dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

“Jadi, ini dapat meningkatkan stres lebih dari sebelumnya,” kata William Lovallo, Ph.D, profesor dari Universitas Oklahoma.

Oleh karena itu, jangan memanfaatkan kopi untuk menghilangkan stres ya, nanti malah tambah lho stresnya.

Baca Juga:  Apa dan Bagaimana Pengobatan Vertigo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Link Banner
WhatsApp chat