7 Tips Untuk Olahraga di Rumah

7 Tips Untuk Olahraga di Rumah

Gaya hidup sehat manusia modern adalah manusia yang memasukan olahraga kedalam kegiatan atau aktifitas kehidupannya. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa olahraga merupakan sebuah aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga juga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dirumah yang juga bermanfaat dalam membakar lemak.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kita daptkan dari berolahraga. Namun tidak sedikit orang malas berolahraga. Jika Anda termasuk salah satunya, maka tujuh tips berolahraga ini dijamin akan membuat anda bersemangat olahraga khusunya didalam rumah sehingga Anda tidak perlu olahraga kelur ruangan. Berolahraga di rumah adalah hal yang sangat menarik, karena Anda sendiri merencanakan waktu, kecepatan, dan jenis latihan Anda dan benar-benar gratis.

Berikut ini beberapa 7 tips bermanfaat untuk dapat berolahraga di rumah.

Bersikap Tegas

Lupakan kata-kata “Saya tidak bisa”, “Saya akan mulai besok” atau “mulai bulan depan”. Mulailah hari ini! Buat jadwal dan mulai. Jangan lupakan latihan karena beberapa waktu minum kopi yang tidak disengaja. Karena akan ada hari-hari ketika Anda perlu beristirahat dari latihan, dan Anda dapat minum secangkir kopi itu.

Buat jadwal untuk pelatihan

Cobalah untuk memutuskan hari-hari dan jadwal Anda berolahraga. Jika Anda melakukan latihan sendiri, maka akan menyenangkan untuk menanyakan bagaimana Anda harus berolahraga. Anda dapat memulai dengan 2 kali seminggu dan kemudian lanjutkan ke 3 kali seminggu.

Buat Palylist Musik

Musik selalu menjadi motivator yang hebat. Ketika Anda mendengar suara yang bagus, tubuh Anda akan pergi dengan sendirinya. Biarkan musik menjadi cepat, kuat, dan relatif keras. Dengarkan musik dengan tempo cepat biar gerakan anda juga termotivasi. Jika Anda menyukai lagu rok dan metal Anda bisa mendengarkan lagu lagu dari band rock/metaFavorit Anda.

Baca Juga:  7 Cara Menggandakan Efektifitas Latihan Fitnes

Menghitaung Hasil

Jika tujuan Anda adalah untuk bekerja pada kekuatan, maka kemajuan akan terasa ketika Anda mulai melakukan lebih banyak pengulangan latihan. Jika tujuan Anda hanya untuk menurunkan berat badan atau untuk membingkai bagian-bagian tubuh tertentu dengan bebas memotret diri Anda setiap minggu dan memantau perkembangannya.

Menarik inspirasi

Instagram, YouTube, Facebook – Internet penuh dengan orang-orang yang memiliki misi yang sama dengan Anda. Ikuti mereka karena orang-orang ini memiliki kendala yang sama dan jika mereka berhasil, Anda juga akan demikian!

Perhatikan diet dan kesehatan Anda

Latihan tidak akan masuk akal jika setelah setiap latihan Anda tidak makan dengan baik. Bahkan, diet makanan yang tepat lebih penting daripada pelatihan itu sendiri.

Beli peralatan berkualitas tinggi

Jika Anda tidak ingin terlihat lembek dan kegemukan saat musim panas tiba, jangan menunggu untuk mulai berolahraga. Ada sejumlah perangkat dan peralatan olahraga, mesin kebugaran yang Anda gabungkan hingga 6 latihan yang berbeda untuk mengencangkan otot dan meningkatkan pembakaran kalori.

Tambahan: 

Ada beberapa gerkan olahraga yang dapat anda lakukan ketika olahrga di rumah. Berikut ini GHP berikan 6 gerkan olahraga yang bisa dilakukan dirumah:

  • Squat

Squat adalah latihan otot yang efektif banget buat mengencangkan area paha belakang, pantat, dan paha tengah. Gerakan dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki sejajar bahu, kemudian turunkan pinggul seperti berjongkok namun tidak sampai bawah (setengah berjongkok). Lakukan gerakan tersebut dengan dada tegap, dan pandangan lurus. Lakukan sekitar 3 set dengan masing-masing set 20 kali.

  • Lunges

Lunges adalah gerakan yang melatih otot perut, oto punggung, dan otot kaki. Fungsinya adalah membentuk dan memperbaiki postur tubuh yang baik. Gerakan dimulai dengan berdiri dengan kaki selebar bahu dan lengan disamping tubuh. Langkahkan kaki kanan ke depan, tekuk 90 derajat dengan tumit menahan. Lakukan bergantian dengan kaki kiri.

  • Push Up
Baca Juga:  Inilah Alasan Mengapa Fitnes Baik Untuk Kesehatan

Walaupun kelihatan gampang, banyak banget yang mengakui bahwa push up itu susah banget. Bener aja, karena gerakan ini butuh keseimbangan kekuatan tangan, perut, dan kaki. Untuk memulainya, letakkan telapak tangan di lantai lurus selebar pundak dan luruskan juga punggung serta postur kaki. turunkan dada secara berulang dengan menekuk tangan.

  • Crunches

Ini dia nih gerakan yang bisa banget bikin otot perut kita mengencang. Crunches atau sit up ini dimulai dengan gerakan membaringkan tubuh, kemudian letakkan tangan dibelakang kepala. Secara perlahan, angkat kepala sampai dengan pinggang ke posisi setengah duduk menggunakan otot perut kemudian berbaring lagi.

  • Plank

Plank ini gerakan yang bagus banget buat melatih otot lengan dan otot perut. Gerakan dimulai seperti akan push up, kemudian tahan sekitar 20-30 detik. Upayakan untuk menahan menggunakan otot perut dan bukan otot punggung.

  • Bridge

Bridge berfungsi untuk menguatkan otot perut, pinggang, kaki dan pantat. Caranya, baringkan tubuh terlentang dengan lengan di samping, lalu tekuk lutut dengan betis tetap lurus dan telapak kaki di lantai. Angkat pinggul sampai lurus dengan bahu dan tahan selama 5 detik lalu turunkan pinggang secara perlahan.

Nah itulah tips agar kita tidak malas olahraga dirumah. Setelah Anda membaca artikel diatas, diharpkan Anda menjadi lebih bersemangat lagi dalam melakukan olahraga di rumah mengingat olahraga sangat baik untuk kesehatan. *GHP

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: