Tips Sukses Investasi Saham bagi Pemula

Tips Sukses Investasi Saham bagi Pemula

Investasi saham sangat dipengaruhi bagaimana strategi kita dalam memilih saham, istilah kerennya di sebut ‘Stock Picking’. Tanpa mengetahui strategi dalam pemilihan saham, adalah mustahil untuk membuat daftar investasi saham yang sempurna dan komprehensif. Artikel ini adalah lebih dari sebuah kerangka kerja untuk memastikan bahwa Anda tidak membuat beberapa kesalahan investasi saham yang paling mengerikan .

Berikut 5 langkah tips sukses investasi saham bagi pemula dari TipsKeuangan.net, Di mana tips ini adalah menitikberatkan dalam pemilihan suatu saham.

Langkah 1 : Tanyakan Diri Sendiri.
Pertama, tanyakan pada diri sendiri, apa kelebihan dari suatu saham, sehingga saham tersebut layak anda koleksi dan layak masuk ke portofolio saham anda. Anda hanya akan menyia-nyiakan waktu, pikiran, dan tenaga anda, apabila memilih saham hanya berdasarkan rekomendasi dari broker saham. Jadilah investor yang cerdas dan mempunyai pendirian sendiri mengapa memilih saham suatu perusahaan.

Langkah 2 : Pastikan memahami perusahaan dan model bisnis.
Jika Anda tidak tahu bagaimana perusahaan memperoleh keuntungan, Anda tidak dalam posisi untuk mengevaluasi kinerja jangka panjang masa depan bisnis perusahaan tersebut. Jika Anda berpikir perusahaan dapat menjadi investasi yang baik, tetapi belum mengerti cara mendapatkan uangnya, carilah informasi tersebut. Anda mungkin menemukan perusahaan untuk menjadi investasi jangka panjang yang sangat baik, atau Anda dapat menentukan bahwa saham sudah overvalue, dan tidak layak masuk ke portofolio saham anda.

Langkah 3: Mengetahui angka.
Adalah penting bahwa investor saham menyadari kinerja keuangan dasar perusahaan. Anda harus memahami sejarah P / E ( Price- Earnings ) rasio saham di sektor bisnis perusahan tersebut, bagaimana P / E dapat diimbangi dengan valuasi pertumbuhan perusahaan, apa perusahaan secara inheren layak, serta beban utang, return on equity, dan berapa banyak perusahaan earning per share. Angka-angka ini membingungkan pada awalnya, tetapi dengan rajin berlatih, membaca neraca menjadi sifat dasar kedua, dan dapat menyelamatkan Anda dari investasi berisiko dan spekulatif.

Baca Juga:  5 Tanda Anda Menuju Kondisi Keuangan yang Sehat

Langkah 4 : Melihat ke perusahaan pesaing.
Sering kali, sebuah perusahaan datang ke pikiran Anda karena itu adalah bagian dari sektor yang menguntungkan. Mungkin perusahaan ini adalah investasi yang sangat baik, tapi di sisi lain, mungkin pesaing utamanya memiliki prospek yang lebih baik secara jangka panjang, tingkat pertumbuhan yang lebih cepat, atau tim manajemen yang unggul. Kami merekomendasikan melihat setidaknya 2 lainnya pesaing utama dalam industri yang sama dan membandingkannya untuk menentukan investasi yang superior.

Langkah 5: Tentukan apa perusahaan ini layak untuk Anda.
Dalam rangka untuk berinvestasi dalam sebuah perusahaan, Anda harus menentukan apa Anda bersedia membayar harga saham tersebut. Kadang-kadang Anda akan menunggu hingga harga saham mengalami koreksi pasar dan membeli dengan harga diskon. Atau, Anda akan menemukan bahwa harga saham sudah diskon, dan tidak ada waktu yang lebih baik untuk berinvestasi sekarang juga. Anda hanya dapat menentukan harga yang wajar untuk saham perusahaan berdasarkan pada hasil analisa dari nilai perusahaan tersebut.